Mengenal Horizon Worlds, Dunia Metaverse milik Meta

Facebook mengumumkan perubahan nama perusahaan dari sebelumnya Facebook, Inc menjadi Meta Platform, Inc pada Jum’at 29 Oktober 2021. Pemilik perusahaan sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan perusahan nama tersebut beserta alasannya.

Zuckerberg mengatakan perubahan nama dikarenakan facebook ingin berfokus di dunia metaverse. Metaverse sendiri adalah dunia virtual yang menawarkan pengalaman seperti di dunia nyata. Zuckerberg yakin bahwa Metaverse adalah masa depan internet.

Perilisan Horizon Worlds pada 9 Desember 2021 merupakan langkah nyata Meta untuk serius menggarap metaverse. Lalu apa itu Horizon Worlds ? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Horizon Worlds ?

Horizon Worlds adalah platform Virtual Reality, Online Video Game sekaligus sistem terintegrasi pembuatan game. Horizon Worlds memungkinkan pengguna menjelajahi dunia virtual secara interaktif dan imersif, serta terlibat dalam penggunaan dan pembuatan konten / game.

Perangkat yang bisa menggunakan Horizon Worlds saat ini baru Oculus Rift & Oculus Rift 2. Sehingga jika ingin memainkannya, harus membeli salah satu dari dua perangkat tersebut.

Horizon World mempunyai build mode yang memungkinkan pengguna untuk membuat dunia virtual sendiri. Horizon Worlds sudah menyediakan banyak elemen yang siap digunakan oleh pengguna untuk hal tersebut. Berikut beberapa elemen yang terdapat di horizon worlds :

1. Code blocks adalah kumpulan cuplikan kode dan skrip siap pakai yang memungkinkan Anda menentukan peristiwa otomatis di VR. Misalnya, pengguna dapat memicu peristiwa yang terjadi saat pengguna pertama kali memasuki dunia VR.

2. Gizmos adalah objek pre-build dan properti avatar yang dapat diasosiasikan pengguna dengan berbagai elemen dunia VR. Pemain memiliki alat Spawn Point untuk mengontrol di mana pengguna pertama kali mendarat atau ‘spawn’, Gizmo Teks untuk menempatkan teks pada objek VR, Gizomo Portal untuk menentukan tempat di mana pemain dapat berteleportasi, dan banyak lagi.

3. Sounds – Meta Horizon Worlds mencakup tiga jenis efek suara bawaan – efek khusus acara, suara latar, dan musik. Pembuat dapat menentukan properti tertentu untuk menyesuaikan pengalaman suara seperti nada dan jarak di mana suara akan didengar.

4. VR Pyhsics – Efek pyhsics di Meta Horizon Worlds memungkinkan pengguna membuat objek yang berperilaku seperti item dunia nyata. Fitur-fitur ini memungkinkan Anda menentukan gravitasi, kepadatan objek, goyangan, gesekan, kemampuan untuk mengambil objek, dan interaksi naturalisasi lainnya. Anda juga dapat memilih bahan dengan sifat fisika seperti kayu keras, es, dan lainnya.

5. Efek animasi – Menggunakan alat di Meta Horizon Worlds, Anda dapat membuat objek bergerak dan merekam gerakan sebagai animasi kustom. Efek animasi dapat diperlambat, dipercepat, dan dikendalikan dengan cara lain.

Menjadi Creator di Meta Horizon Worlds ?

Terdapat dua jenis pengguna pada Horizon worlds, yaitu pengguna biasa & creator. Pengguna biasa merupakan pengguna yang memainkan horizon worlds seperti biasa.

Creator merupakan pengguna yang bisa membuat dunia virtual sendiri. Akan tetapi tidak semua pengguna bisa menjadi Creator. Ini dikarenakan creators harus mempunyai skill design VR yang mumpuni.

Untuk menjadi creator, pengguna bisa masuk ke build mode. Buka Horizon Worlds menggunakan Quest Headset dan klik ikon menu tiga baris. Klik “Create” dan pilih “Template” dan kemudian “New Project”.

Kemudian kita bisa berkreasi dengan menambahkan 5 elemen yang tadi disebutkan, dan mendesainnya sebagus & semenarik mungkin. Setelah dunia virtual tersebut selesai, baru kita bisa mempublikasikannya pada menu “Publish”.

Selain bekerja & mendesain sendiri, creator juga bisa berkolaborasi dengan creator lain untuk membuat dunia virtual. Fitur ini memungkinkan creator bekerja secara lebih kreatif & menghasilkan desain yang lebih baik.

Pengguna Horizon Worlds

Sampai saat artikel ini diterbitkan Horizon Worlds belum bisa diakses secara global, hanya pengguna di Amerika Serikat & Kanada saja yang bisa memainkannya, dengan syarat tambahan harus berusia diatas 18 tahun. Walau begitu, menurut The Verge jumlah pengguna nya sudah lebih dari 300.000 pengguna.

Creator yang terdaftar pun sudah banyak, terbukti dengan jumlah dunia virtual yang sudah mencapai 10.000 dunia virtual.

Bagaimana Horizon Worlds Kedepannya ?

Meta sebagai pemilik sangat serius untuk mengembangkan dunia virtual ini. Mereka sudah menginvestasikan lebih dari 10 miliar dollar (sekitar 145 triliun rupiah) untuk mengembangkan metaverse. Tentu, mereka ingin agar Horizon Worlds ini sukses & bisa jadi sumber pendapatan baru bagi Meta.

Akan tetapi, masih banyak sekali tantangan yang harus akan terjadi. Salah satu yang menjadi hambatan adalah harga perangkat untuk bisa memainkannya. Harga Paket lengkap oculus rift 2 saat ini dibandrol sekita 5 jutaan. Adanya kendala harga ini, tentu akan menjadikan dunia metaverse tidak akan semasif produk media sosial mereka (Facebook, Instagram & Messenger).

Walau begitu, kita tentu berharap Meta bisa mengatasi tantangan yang tersedia & sukses membangun dunia Metaverse-nya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *