Elon Musk beli Twitter 634 Triliun

Twitter telah menerima tawaran Elon Musk untuk membeli perusahaan seharga $44 miliar (setara 634 triliun rupiah), perusahaan mengumumkan dalam siaran pers hari ini.

Elon Twitter
Elon Resmi membeli Twitter

Elon membeli perusahaan itu dengan harga $54,20 per lembar saham, harga yang sama dengan penawaran awal pada 14 April.

Kebebasan berbicara menjadi alasan elon musk melakukan pembelian ini.

“Kebebasan berbicara adalah landasan demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital tempat hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan,”

“Saya juga ingin membuat Twitter lebih baik dari sebelumnya dengan meningkatkan produk dengan fitur-fitur baru, membuat algoritma open source untuk meningkatkan kepercayaan, mengalahkan bot spam, dan mengautentikasi semua manusia.”

Elon musk dalam pernyataannya.

CEO Twitter Parag Agrawal juga memuji kesepakatan dalam rilis tersebut.

“Twitter memiliki tujuan dan relevansi yang berdampak pada seluruh dunia,”

“Sangat bangga dengan tim kami dan terinspirasi oleh pekerjaan yang tidak pernah lebih penting.”

Dana yang digunakan untuk membeli twitter ini bersumber dari pinjaman & kekayaaan pribadi elon.

Sebanyak $21 miliar (300 triliun rupiah) bersumber dari kekayaan pribadi Elon Musk. Sedangkan sisanya sebanyak $25.5 miliar (360 triliun rupiah) berasal dari pinjaman.

Analis percaya pinjaman tersebut dapat membebani keuangan Twitter hingga $1 miliar per tahun untuk biaya servis, atau sekitar 20 persen dari pendapatan tahunan perusahaan.

Tak lama setelah Musk mengumumkan rencana pembelian (pada 14 April), dewan direksi Twitter mengambil kebijakan “poinson pill”, yang menunjukkan bahwa mereka menolak rencana pembelian. Tidak jelas apa yang menyebabkan perubahan hati perusahaan.

Sebuah laporan New York Times pada hari Senin menggambarkan karyawan Twitter terpecah oleh berita, menerima sedikit informasi mengenai pembicaraan yang sedang berlangsung.

Tidak jelas apa dampak kehadiran Elon Musk di Twitter atau perubahan apa yang akan dihadirkan.

Ketika dia pertama kali mengungkapkan kepemilikan 9,2 persen saham di Twitter, dia melakukan polling kepada pengguna Twitter tentang pembuatan tombol “edit”, yang sudah dikembangkan Twitter.

Dia kemudian menyarankan untuk menghapus iklan dari Twitter Blue, menurunkan harga langganannya, dan menambahkan Dogecoin sebagai opsi pembayaran.

Elon juga blak-blakan dalam kritiknya terhadap moderasi Twitter, menggambarkan dirinya sebagai “kebebasan berbicara secara absolut” dan meningkatkan kekhawatiran tentang bagaimana platform akan menjadi moderat di bawah kendalinya.

“Sangat penting bahwa orang memiliki kenyataan dan persepsi bahwa mereka dapat berbicara secara bebas dalam batas-batas hukum,” kata Elon dalam sebuah wawancara dengan Chris Anderson selama TED 2022.

“Saya pikir secara umum, risiko peradaban adalah menurun semakin kami dapat meningkatkan kepercayaan Twitter sebagai platform publik.”

Elon awalnya menawarkan untuk membeli Twitter seharga $54,20 per saham pada 14 April.

Tawaran itu diumumkan ketika dia mengungkapkan kepemilikan 9,2 persen saham, sebuah langkah yang membuatnya menjadi pemegang saham individu terbesar di Twitter pada saat itu.

Pada suatu waktu Elon ditawari kursi di dewan direksi perusahaan tetapi kesepakatan itu segera berantakan, karena kursi di dewan akan mencegahnya membeli lebih dari 14,9 persen saham di Twitter.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *